Secara keseluruhan, kesuksesan Anda dalam menjalankan survei tergantung dari seberapa tinggi tingkat respon yang Anda dapatkan.
Semakin tinggi tingkat respon maka semakin representatif hasil survei dari total populasi. Idealnya tingginya tingkat respon akan meningkatkan tingkat keakuratan dalam hasil survei dan menguatkan kalkulasi statistik dalam hasil respon. Dalam hal ini respon sangat terkait dengan konten kuesioner survei yang ditawarkan.
Sebaliknya jika Anda mendapatkan tingkat respon rendah akan mengakibatkan data yang Anda dapatkan menjadi bias. Data bias ini dihasilkan dari hasil respon yang tidak merepresentasikan anggota populasi.
Target Responden Anda harus disesuaikan dengan konten survei, channel, dan hal detail lainnya. Anda juga bisa melihat jika Responden Anda aktif di Media Sosial/WhatsApp Blast atau media sosial. Dengan demikian Anda tidak akan membuang waktu untuk menentukan cara survei seperti apa yang cocok untuk Responden Anda.
Kirimkan pesan singkat atau notifikasi bahwa Anda akan bermaksud untuk melakukan survei kepada Responden Anda. Dengan demikian Responden Anda akan lebih sadar pada akhirnya tingkat respon Anda memiliki tingkat lebih tinggi. Anda bisa gunakan media sosial, Media Sosial/WhatsApp Blast, atau channel lainnya untuk mengirimkan notifikasi ini. Tujuannya agar pesan bisa sampai ke target Responden Anda dengan benar.
Jika Anda menggunakan Media Sosial/WhatsApp Blast, maka berikan kesan yang baik seperti konten yang rapih, singkat, padat dan jelas. Selain itu berikan juga petunjuk yang jelas bagaimana cara mengisi survei tersebut. Dengan demikian selain mempersingkat waktu juga menujukan profesionalisme Anda.
Detail lainnya dalam konten survei Anda, jangan pernah melupakan logo instansi/perusahaan/lembaga. Karena itu menjadi identitas Anda dihadapan Responden. Anda bisa memberikan kesan tidak kaku misalnya membuat survei lebih personal (jika memungkinkan) kepada semua Responden Anda. Selain itu jika Anda mengirimkan survei melalui Media Sosial/WhatsApp Blast maka subject Media Sosial/WhatsApp Blast menjadi sangat penting.
Anda bisa mencoba subjek seperti ini ‘Beritahu kami apa yang Anda pikirkan melalui survei 5 menit berikut’.
Hal ini bisa membuat Responden memahami dengan jelas maksud dan tujuan Anda dalam mengirimkan kepada mereka.
Jika Anda mengirimkan survei pastikan bahwa survei tersebut dapat dengan mudah diisi di ponsel. Selain itu pesan yang ada pun mesti clickable dalam ponsel. Jangan sampai kesalahan teknis seperti ini yang dapat mengakibatkan tingkat respon survei Anda rendah.
Jika Anda menggunakan design yang jelek maka Responden cenderung akan malas membuka survei Anda. Namun yang pasti gunakan design yang bersih dan jelas sehingga Responden tidak kesulitan dalam membaca pertanyaan dan mengisi jawaban.
Jika memungkinkan berikan insentif atau imbalan bagi Responden yang mengisi survei Anda. Misalnya Anda memberikan sampel produk terbaru sebagai tanda terima kasih setelah mengisi survei.
Informed Consent bisa Anda manfaatkan jika mereka memiliki pertanyaan dan membutuhkan petunjuk untuk mengisi survei.
Anda bisa gunakan line telepon untuk melakukannya atau mengirimkan Media Sosial/WhatsApp Blast reminder, bila perlu lakukan pendekatan khusus secara personal.
Pastikan Calon Responden adalah orang dengan Kriteria yang tepat.
Gunakan jasa sebar kuesioner yang dipercaya dapat menyebarkan kuesioner survei ini dengan baik karena tentunya penyedia jasa secara professional memiliki Trik Khusus dan Database responden yang lengkap dan sesuai.
Sebagai contoh gunakan Jasa surveygua untuk membantu memenuhi kebutuhan ini.
Dengan demikian Anda tidak melewatkan target Responden Anda.
Selain itu Anda juga bisa berkolaborasi dan mempercayakan kuesioner Anda kepada SurveyGua, Karena SurveyGua dapat memahami apa yang ada di dalam pikiran Responden.
SurveyGuaID merupakan Jasa Konsultan Survey yang Profesional dan berpengalaman, hingga dapat membantu dalam setiap Penelitian Akademis, Riset Personal, Market Research (Riset Pasar), bahkan saat ini SurveyGuaID ikut serta membantu dalam Pengembangan Bisnis/ Produk UMKM.