Melakukan penyebaran kuesioner yang sesuai dengan tujuan riset pasar serta target pasar.
Mengumpulkan sekelompok target market utama kita dan menyampaikan informasi mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan dan menyampaikan kelebihan dan kekurangan produk atau jasa itu.
Biasanya dilakukan dengan sukarela dan acak dalam pemilihan responden. Cara ini dilakukan untuk melihat perilaku dari konsumen.
Objek yang akan dipasarkan yaitu produk, harga, promosi, distribusi.
Dikumpulkan dan disajikan melalui pernyataan berdasarkan data dan fakta.
Pembahasan terkait data maupun tindakan.
Setelah memperoleh data yang objektif dan akurat untuk selanjutnya dapat dijadikan acuan dalam membuat prediksi dan pengambilan keputusan yang terencana.
Perusahaan atau perorangan akan terlebih dahulu mengidentifikasi masalah apa yang muncul dalam bidang pemasaran sehingga dibutuhkan riset lebih lanjut.
Setelah masalah teridentifikasi, langkah berikutnya adalah perumusan kerangka teori. Di sini, langkah-langkah penyelesaian masalah melalui riset akan dirumuskan lebih lanjut.
Membuat formulasi desain riset yang hendak dijalankan. Formulasi riset harus dimatangkan dalam tahapan ini agar bisa dijalankan dengan baik dan hasilnya optimal.
Dalam tahapan ini kita dapat menentukan penggunaan Metode Kualitatif maupun Kuantitatif.
Survei Lapangan dan Kuesioner Online dapat digunakan untuk pengumpulan data.
Petugas riset akan terjun ke lapangan dan melakukan aktivitas pengumpulan data sesuai metode yang telah dirumuskan sebelumnya.Juga dapat dilakukan dengan melakukan sebar kuesioner online maupun teknik lain yang dianggap perlu seperti Focus Group Discussion - FGD, Design Thinking.
Dilakukan pengolahan serta analisis data. Data hasil riset di lapangan diolah agar dapat disajikan dengan rapih dan akurat.
Membuat laporan Penelitian Pasar (Market Research) dalam bentuk Presentasi yang baik, serta dapat dipresentasikan hasil dari penelitian atau riset yang dijalankan.
Dari keseluruhan tahapan di atas, diharapkan akan didapat hasil yang optimal terkait langkah-langkah yang harus diambil selanjutnya berdasarkan hasil riset untuk kemajuan usaha kedepannya.
SurveyGuaID merupakan Jasa Konsultan Survey yang Profesional dan berpengalaman, hingga dapat membantu dalam setiap Penelitian Akademis, Riset Personal, Market Research (Riset Pasar), bahkan saat ini SurveyGuaID ikut serta membantu dalam Pengembangan Bisnis/ Produk UMKM.