Dalam pengelompokan penelitian menunjukan berbagai macam jumlah bentuk, jenis dan ragam penelitian yang sangat banyak. Ragam penelitian ini dapat dibedakan dari berbagai segi misalnya dari segi tujuan penggunaan survei tersebut, subjek penelitiannya, sumber informasi/data dan lain sebagainya.
Sebagai contoh penggunaan umum dari metode penelitian dan survei, meliputi: Penelitian sosial yang banyak digunakan untuk memperoleh gambaran tentang data terkait sikap, nilai, pendapat, dan karakteristik dari kelompok sosial yang berbeda. Riset pasar, survei digunakan untuk mencari tahu apa yang sedang dicari oleh banyak orang tentang suatu produk, layanan, atau jasa. Penelitian kesehatan, survei digunakan untuk mendapatkan data dari pasien tentang gejala yang dialami dan cara pengobatannya. Politik, survei digunakan untuk mengukur opini publik tentang apa yang sedang terjadi di pemerintahan, partai dan kebijakan pemerintah. Psikolog, survei digunakan untuk meneliti ciri-ciri kepribadian, tata, dan perilaku dari sekelompok orang.
Survei ini digunakan untuk kebutuhan studi pendidikan yang dapat digunakan untuk:
Akademik S1 Sarjana, sebagai pendukung pembuatan Skripsi. Dalam hal ini survei digunakan dalam membantu menghasilkan suatu karya (skripsi) yang bertujuan untuk mengembangkan ilmu yang sudah didapat pada saat masa perkuliahan sebagai syarat untuk kelulusan.
Akademik S2 Magister, sebagai pendukung pembuatan Tesis. Survei digunakan dalam membantu menghasilkan karya ilmiah tertulis berupa tesis untuk dijadikan sebagai kajian akademis.
Akademik S3 Doktoral, sebagai pendukung pembuatan Disertasi. Dengan adanya survei dapat digunakan untuk melakukan penelitian yang berhubungan dengan teori baru dalam program studi yang diambil oleh seorang mahasiswa.
Survei digunakan untuk memenuhi kebutuhan individu yang dapat mendukung jalannya suatu pekerjaan dari individu itu sendiri.
Survei digunakan untuk mengetahui peluang usaha dengan melakukan riset pasar tentang apa yang sedang diinginkan dan dibutuhkan oleh banyak orang.
Dalam hal ini survei digunakan oleh sebuah badan usaha untuk menyusun strategi pemasaran yang dapat mendukung jalannya produksi tentang suatu produk, sehingga nantinya dapat dipasarkan.
SurveyGuaID merupakan Jasa Konsultan Survey yang Profesional dan berpengalaman, hingga dapat membantu dalam setiap Penelitian Akademis, Riset Personal, Market Research (Riset Pasar), bahkan saat ini SurveyGuaID ikut serta membantu dalam Pengembangan Bisnis/ Produk UMKM.