Tips Maksimalkan Respon Kuesioner Survey Online

Tips Maksimalkan Respon Kuesioner Survey Online

Secara keseluruhan, kesuksesan Anda dalam menjalankan survey tergantung dari seberapa tinggi tingkat respon yang Anda dapatkan. 

Semakin tinggi tingkat respon maka semakin representatif hasil survey dari total populasi. Idealnya tingginya tingkat respon akan meningkatkan tingkat keakuratan dalam hasil survey dan menguatkan kalkulasi statistik dalam hasil respon. Dalam hal ini respon sangat terkait dengan konten kuesioner survey yang ditawarkan.

Sebaliknya jika Anda mendapatkan tingkat respon rendah akan mengakibatkan data yang Anda dapatkan menjadi bias. Data bias ini dihasilkan dari hasil respon yang tidak merepresentasikan anggota populasi. 

 

Kenali Responden Anda 

dan kirimkan pesan sebelum survey dilakukan

Mengenali responden adalah hal penting sebelum Anda memutuskan untuk survey.

Target Responden Anda harus disesuaikan dengan konten survey, channel, dan hal detail lainnya. Anda juga bisa melihat jika Responden Anda aktif di Media Sosial / WhatsApp Blast atau media sosial. Dengan demikian Anda tidak akan membuang waktu untuk menentukan cara survey seperti apa yang cocok untuk Responden Anda.

Kirimkan pesan singkat atau notifikasi bahwa Anda akan bermaksud untuk melakukan survey kepada Responden Anda. Dengan demikian Responden Anda akan lebih sadar pada akhirnya tingkat respon Anda memiliki tingkat lebih tinggi. Anda bisa gunakan media sosial, Media Sosial / WhatsApp Blast, atau channel lainnya untuk mengirimkan notifikasi ini. Tujuannya agar pesan bisa sampai ke target Responden Anda dengan benar.

Berikan kesan yang baik 

dalam bentuk kalimat pembuka atau konten survey

Kesan sangat penting bagi Responden agar mereka mau membuka dan mengisi survey yang Anda kirimkan. 

Jika Anda menggunakan Media Sosial / WhatsApp Blast, maka berikan kesan yang baik seperti konten yang rapih, singkat, padat dan jelas. Selain itu berikan juga petunjuk yang jelas bagaimana cara mengisi survey tersebut. Dengan demikian selain mempersingkat waktu juga menujukan profesionalisme Anda.

Detail lainnya dalam konten survey Anda, jangan pernah melupakan logo instansi/perusahaan/lembaga. Karena itu menjadi identitas Anda dihadapan Responden. Anda bisa memberikan kesan tidak kaku misalnya membuat survey lebih personal (jika memungkinkan) kepada semua Responden Anda. Selain itu jika Anda mengirimkan survey melalui Media Sosial / WhatsApp Blast maka subject Media Sosial / WhatsApp Blast menjadi sangat penting. 

Anda bisa mencoba subjek seperti ini ‘Beritahu kami apa yang Anda pikirkan melalui survey 5 menit berikut’. 

Hal ini bisa membuat Responden memahami dengan jelas maksud dan tujuan Anda dalam mengirimkan kepada mereka.

Pastikan format Kuesioner survey Anda 

cocok di semua gadget

Menurut survey, sekitar 68% orang membuka Media Sosial / WhatsApp Blast melalui smartphone dan tablet. 

Jika Anda mengirimkan survey pastikan bahwa survey tersebut dapat dengan mudah diisi di ponsel. Selain itu pesan yang ada pun mesti clickable dalam ponsel. Jangan sampai kesalahan teknis seperti ini yang dapat mengakibatkan tingkat respon survey Anda rendah.

Gunakan design yang menarik 

dan bila dirasa perlu berikan insentif

Design sangat penting bagi Responden Anda. 

Jika Anda menggunakan design yang jelek maka Responden cenderung akan malas membuka survey Anda. Namun yang pasti gunakan design yang bersih dan jelas sehingga Responden tidak kesulitan dalam membaca pertanyaan dan mengisi jawaban.

Jika memungkinkan berikan insentif atau imbalan bagi Responden yang mengisi survey Anda. Misalnya Anda memberikan sampel produk terbaru sebagai tanda terima kasih setelah mengisi survey.

Berikan Informasi tentang Anda 

dan Perkenalan dengan baik

Hal yang penting dilakukan guna memastikan Responden Anda merasa aman dalam mengisi survey yang mereka lakukan. 

Informed Consent bisa Anda manfaatkan jika mereka memiliki pertanyaan dan membutuhkan petunjuk untuk mengisi survey.

Anda bisa gunakan line telepon untuk melakukannya atau mengirimkan Media Sosial / WhatsApp Blast reminder, bila perlu lakukan pendekatan khusus secara personal.

Database calon Responden

Pilihlah dengan baik dan sebanyak mungkin calon responden Anda. 

Pastikan Calon Responden adalah orang dengan Kriteria yang tepat. Gunakan jasa sebar kuesioner yang dipercaya dapat menyebarkan kuesioner survey ini dengan baik karena tentunya penyedia jasa secara professional memiliki Trik Khusus dan Database responden yang lengkap dan sesuai. Sebagai contoh gunakan Jasa surveygua untuk membantu memenuhi kebutuhan ini.

Dengan demikian Anda tidak melewatkan target Responden Anda.

 

Semoga tips di atas bisa Anda gunakan seterusnya dalam melakukan survey.

Survey ini sangat penting sebagai salah satu komunikasi Anda dengan Responden. 

Selain itu Anda juga bisa berkolaborasi dan mempercayakan kuesioner Anda kepada SurveyGua, Karena SurveyGua dapat memahami apa yang ada di dalam pikiran Responden.

SurveyGuaID merupakan Jasa Konsultan Survey yang Profesional dan berpengalaman, hingga dapat membantu dalam setiap Penelitian Akademis, Riset Personal, Market Research (Riset Pasar), bahkan saat ini SurveyGuaID ikut serta membantu dalam Pengembangan Bisnis/ Produk UMKM.


Semangat!

Membutuhkan bantuan dalam Kuesioner penelitian? klik & konsultasikan..