PROSES SERTA TUJUAN MELAKUKAN
PENELITIAN PASAR
( MARKET RESEARCH )
Penelitian Pasar ( Market Research ) merupakan sebuah proses yang perlu Anda lakukan sebelum memulai bisnis maupun usaha. Hal ini bertujuan untuk memperoleh data yang objektif dan akurat untuk selanjutnya dapat dijadikan acuan dalam membuat keputusan.
Penelitian dilakukan secara bertahap dan sistematis diawali dengan perumusan masalah, perumusan tujuan riset, pencarian responden yang tepat, penyebaran kuesioner, pengumpulan data, pengolahan hasil data, analisa data dan interpretasi hasil riset.
Perusahaan atau perorangan melakukan Penelitian Pasar ( Market research ) dengan cara berikut:
Melakukan penyebaran kuesioner yang sesuai dengan tujuan riset pasar serta target pasar.
Riset group ( Focus Group Discussion - FGD ) dengan mengumpulkan sekelompok target market utama kita dan menyampaikan informasi mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan dan menyampaikan kelebihan dan kekurangan produk atau jasa itu.
Observasi di lapangan, biasanya dilakukan dengan sukarela dan acak dalam pemilihan responden. Cara ini dilakukan untuk melihat perilaku dari konsumen.
Materi market research itu sendiri adalah objek yang akan dipasarkan yaitu produk, harga, promosi, distribusi.
Adapun tujuan Penelitian Pasar ( Market Research ) itu sendiri adalah :
Tujuan Deskriptif; Dikumpulkan dan disajikan melalui pernyataan berdasarkan data dan fakta.
Tujuan Diagnostik; Pembahasan terkait data maupun tindakan.
Tujuan Prediktif; Setelah memperoleh data yang objektif dan akurat untuk selanjutnya dapat dijadikan acuan dalam membuat prediksi dan pengambilan keputusan yang terencana.
Proses Penelitian Pasar ( Market Research ) harus dilaksanakan secara berurutan dengan sistematis :
Identifikasi Masalah.
Perusahaan atau perorangan akan terlebih dahulu mengidentifikasi masalah apa yang muncul dalam bidang pemasaran sehingga dibutuhkan riset lebih lanjut.
Perumusan Kerangka Teori
Setelah masalah teridentifikasi, langkah berikutnya adalah perumusan kerangka teori. Di sini, langkah-langkah penyelesaian masalah melalui riset akan dirumuskan lebih lanjut.
Desain Riset
Membuat formulasi desain riset yang hendak dijalankan. Formulasi riset harus dimatangkan dalam tahapan ini agar bisa dijalankan dengan baik dan hasilnya optimal.
Dalam tahapan ini kita dapat menentukan penggunaan Metode Kualitatif maupun Kuantitatif.
Pengumpulan Data
Survey Lapangan dan Kuesioner Online dapat digunakan untuk pengumpulan data.
Petugas riset akan terjun ke lapangan dan melakukan aktivitas pengumpulan data sesuai metode yang telah dirumuskan sebelumnya.
Juga dapat dilakukan dengan melakukan sebar kuesioner online maupun teknik lain yang dianggap perlu seperti Focus Group Discussion - FGD, Design Thinking
Analisa Hasil Data
Dilakukan pengolahan serta analisis data. Data hasil riset di lapangan diolah agar dapat disajikan dengan rapih dan akurat.
Kesimpulan Akhir
Membuat laporan Penelitian Pasar ( Market Research ) dalam bentuk Presentasi yang baik, serta dapat dipresentasikan hasil dari penelitian atau riset yang dijalankan.
Dari keseluruhan tahapan di atas, diharapkan akan didapat hasil yang optimal terkait langkah-langkah yang harus diambil selanjutnya berdasarkan hasil riset untuk kemajuan usaha kedepannya.